Iniliah Pelatih Paling Berjasa dalam Karirnya Messi

Posted in Berita Bola, Liga Spanyol on March 28, 2016 by

Frank-Rijkaard-Messi

Lapaktangkas.com – Berbagai prestasi sudah diraih megabintang Barca, Messi, sepanjang karirnya. Ini tentunya tidak lepas dari kontribusi para manager yang sempat bekerja sama dengan pesepakbola 28 tahun ini, baik ketika bersama Barcelona maupun Timnas Argentina.

Pep Guardiola, Diego Maradona, Gerardo Martino, Tito Vilanova, serta Luis Enrique ialah sederet manager papan atas yang sempat melatih Lionel Messi. Tapi, rupanya bukan nama-nama itu yang paling berkesan untuk La Pulga.

“Semua manager yang sempat melatih aku sanggup meninggalkan kesan. Tapi, aku rasa manager yang paling penting dalam karir aku ialah Frank Rijkaard,” ujar Lionel Messi pada channel televisi Mesir, MBC.

“Bila ia tak memutuskan memberi peluang aku untuk berlatih serta bermain, mungkin aku tidak bakal merasakan tampil di tim utama,” sambungnya.

Lionel Messi menjalani debut di tim utama Barca ketika menghadapi Espanyol, 16 Oktober 2004. Ketika itu, umurnya 17 tahun, 3 bulan, serta 22 hari.

“Saya selalu bilang, Rijkaard ialah orang yang sangat penting. Karena ia mempercayai aku. Ia menjadikan aku tampil di tim utama,” kata Lionel Messi.

Rijkaard melatih Barcelona pada 2003 sampai 2008, serta berhasil mendapatkan 1 trofi Liga Champions, 2 Liga Spanyol, serta 2 Piala Super Spanyol. Sayangnya, semenjak dipecat Timnas Arab Saudi pada 2013, manager asal Belanda ini masih menganggur.