Ballon d’Or ‘Cerai’ dengan FIFA

Posted in Berita Bola, Internasional on September 17, 2016 by

ballon-2015

Lapaktangkas.com – Penghargaan Pesepakbola Terbaik Dunia mulai tahun depan dipastikan tak lagi memakai embel-embel Ballon d’Or. France Football selaku empunya brand trofi bola emas itu sudah mengakhiri kontrak dengan FIFA.

Ballon d’Or diketahui menjalin kerja sama dengan FIFA mulai 2010. Presiden FIFA ketika itu, Sepp Blatter menjalin kerja sama senilai 15 juta euro dengan majalah asal Prancis yang telah memberikan penghargaan bergengsi terhadap pemain terbaik semenjak 1956 lalu itu.

Enam tahun berjalan, sekarang Ballon d’Or kembali ke pangkuan France Football. Rumor yang beredar, keputusan tersebut ada kaitannya dengan pergantian pucuk pimpinan FIFA, yang kini dijabat Gianni Infantino, sebagaimana dikabarkan AS.

Di bawah FIFA, Ballon d’Or menggunakan sistem voting dari jurnalis, kapten, serta manager timnas. Sayangnya, pihak France Football belum dapat memberi kepastian tentang metode pemilhan yang bakal digunakan selepas resmi “bercerai” dengan FIFA.

Tercatat, selama merger dengan FIFA, Ballon d’Or hanya dikuasai dua pesepakbola, yaitu Messi serta CR7. Mereka masing-masing menggondol empat serta dua trofi.