5 Momen Menarik Sepanjang Karier Steven Gerrard

Posted in Berita Bola, Liga Inggris on November 25, 2016 by

Lapaktangkas.com – Steven Gerrard akhirnya memutuskan untuk pensiun sebagai pesepakbola sepakbola profesional. Eks kapten The Reds itu pun mengungkapkan alasannya gantung sepatu di umur 36 tahun.

Memulai karier profesionalnya pada 1998 di The Reds, Gerrard menjalani 710 laga bersama tim yang bermarkas di Anfield tersebut. Selama itu, ia telah mendapatkan delapan trofi, tapi belum untuk gelar liga Inggris.

Pada 2015, Gerrard akhirnya melanjutkan karier bersama LA Galaxy. Sekarang, lelaki kelahiran 30 Mei 1980 itu memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama tim asal Major League Soccer tersebut, serta memilih untuk pensiun.

Untuk di timnas Inggris, Gerrard telah bermain sebanyak 114 laga. Bersama The Three Lions telah tiga kali menjabat sebagai kapten dalam 6 turnamen besar yang diikutinya.

Dalam kariernya yang hampir 19 tahun tersebut, banyak momen-momen menarik bagi Gerrard. Berikut lima momen menarik sepanjang karier Gerrard, yang dikutip oleh ESPN.

1. Gol pertamanya untuk Inggris

Hanya butuh menunggu 6 laga bagi Gerrard untuk menyumbangkan gol bagi Timnas Inggris. Gol pertamanya tercipta ketika Inggris menang 5-1 atas Jerman pada 2001.”Itu menjadi pengalaman terbaik dalam karier aku untuk mencetak gol ke gawang Jerman,” ujar Gerrard.

2. Kapten Liverpool
Menjelang duel kontra Olimpija Ljubljana di Piala UEFA pada Oktober 2003, Pelatih Gerard Houllier menunjuk Gerrard sebagai kapten. Ketika itu, Gerrard masih berumur 23 tahun, serta menggantikan kontribusi Sami Hyypia.
Houllier akui dia melihat kualitas kepemimpinan Gerrard di awal kariernya. Ia yakin jika tekanan sebagai kapten telah menghambat permainan Hyypia di lapangan.

“Saat dia (Gerrard) masih muda, ia hanya membutuhkan waktu untuk dewasa,” ujar Houllier.

3. Treble Winner
Pada musim 2000-2001, Steven Gerrard sukses mendapatkan treble dengan mendapatkan gelar Piala Liga, FA Cup serta Piala UEFA. Kesuksesan tersebut menjadikan Gerrad yang masih berumur 21 tahun mulai dikenal oleh publik dunia.

4. Keajaiban di Istanbul
The Reds sukses menjadikan kejutan dengan menjadi jawara Liga Champions musim 2004-2005. Pada pertandingan final, Steven Gerrard serta kawan-kawan berhasil menaklukkan AC Milan melalui drama adu penalti (3-2).

Tertinggal lebih dahulu 0-3 di babak pertama, The Reds sukses menyamakan kedudukan di babak kedua. Gerrard mencetak gol pembuka bagi The Reds, sampai akhirnya menjadikan skor menjadi 3-3.

Kemenangan di Liga Champions ini diberitakan menjadikan Gerrard memutuskan untuk bertahan di The Reds. Meskipun sempat ingin pindah ke The Blues, yang ketika itu dilatih Mourinho.

5. Perpisahan di Anfield
Duel kontra Crystal Palace menjadi pertandingan pamungkas Steven Gerrard bersama The Reds di Stadion Anfield. Legenda hidup Liverpool tersebut akhirnya memutuskan untuk hijrah ke MLS bersama klub LA Galaxy pada 2015.