36 Fans Inggris Ditahan Selepas Bentrok dengan Polisi

Posted in Berita Bola, Piala Eropa 2016 on June 16, 2016 by

rusuh-inggris

Lapaktangkas.com – Setidaknya 36 orang sudah ditahan serta 16 lainnya dilarikan ke rumah sakit pada hari Hari Rabu, 15 Juni 2016 atau Hari Kamis dini hari WIB, selepas kepolisian Prancis bentrok dengan sekelompok fans Inggris di kota Lille.

Sebagaimana yang dikutip dari Reuters, kepolisian anti huru-hara Prancis menyerang sekelompok fans Inggris menggunakan gas air mata serta semprotan merica pada Hari Rabu malam waktu setempat, satuhari menjelang pertandingan Inggris melawan Wales di Piala Eropa 2016.

Pihak berwajib telah membanjiri jalanan kota tersebut dengan polisi semenjak pagi hari serta larangan minuman alkohol juga dikeluarkan, dalam upaya meminimalisir bisa jadi terjadinya keributan sebagaimana di Marseille hari Hari Sabtu lalu.

Tensi meningkat pada sore hari saat polisi mulai menggunakan semprotan merica, gas air mata, serta granat akustik untuk menekan para fans di stasiun kereta yang berada di pusat kota.

Hanya beberapa ketika selepas tengah malam, fans Inggris tiba-tiba mulai mengejar warga lokal merayakan kemenangan Prancis atas Albania.

Polisi langsung menggiring para fans menjauh dari depan stasiun serta sekali lagi menyemprotkan air merica ke salah satu kelompok yang berada di depan pintu masuk stasiun. Kepolisian Prancis juga menurunkan anjing penjaga untuk mengejar sejumlah fans.

Apesnya, tindakan polisi itu sempat menjadikan sejumlah warga lokal terjebak di dalam keadaan panik tersebut, sebelum polisi mulai dapat memisahkan masyarakat dari 100 fans Inggris.

“Memalukan,” kata salah satu warga, sebagaimana dikutip dari Reuters. “Kenapa Anda harus melakukan itu,” timpal warga lain.

Inggris serta Rusia memang kini tengah dalam pengawasan ketat selepas ratusan suporter kedua negara buat rusuh kota Marseille selama tiga hari lalu. Tim kedua negara pun terancam dicoret dari Piala Eropa jika terus rusuh.